Minggu, 18 September 2011

SINTESIS

Sintesis (berasal dari bahasa Yunani syn = tambah dan thesis = posisi) yang biasanya berarti suatu integrasi dari dua atau lebih elem yang ada yang menghasilkan suatu hasil baru. Istilah ini mempunyai arti luas dan dapat digunakan ke fisika, ideologi, dan fenomenologi. Dalam dialektik sintesis adalah hasil akhir dari percobaan untuk menggabungkan antara thesis dan antithesis. Dalam kimia, sintesis kimia adalah sebuah proses pembentukan sebuah molekul tertentu dari "precursor" kimia.
Sintesis adalah penyatuan unsur-unsur atau bagian-bagian ke dalamsuatu bentuk yang menyeluruh. 16 Sintesis disini diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengaitkan dan menyatukan berbagai elemen dan unsur pengetahuan yang ada sehingga terbentuk pola baru yang lebih menyeluruh. Pada jenjang ini siswa di tuntut untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru dengan jalan menggabungkan berbagai faktor yang ada. Hasil yang diperoleh dari penggabungan ini dapat berupa :
          
1. Tulisan Dari hal- hal yang sifatnya sporadis, tidak sistematis, ataupunsistematis, kita coba membuat kesimpulan ataupun analisis. Dapat puladibuat sintesis dari tulisan menjadi lisan, dari lisan menjadi tulisan, daritulisan menjadi tulisan yang lain, atau dari lisan menjadi lisan lain pula.Kata kerja operasional yang dapat dipakai untuk menulis TIK-nya antara lain: menulis, membicarakan, menghubungkan, menghasilkan,mengangkat, meneruskan, memodifikasi, dan membuktikan kebenaran.2. Rencana atau mekanismeDengan sintesis dapat pula dibuat suatu rencana atau mekanismekerja. Semakin baik sintesis itu dibuat, semakin baik pula rencana ataumekanisme kerja itu. Kata kerja operasional yang dapat dipakaimerumuskan TIK-nya adalah: mengusulkan, mengemukakan,merencanakan, menghasilkan, mendesain, memodifikasi danmenentukan.

Penilaian (Evaluation)Evaluasi atau penilaian merupakan yang terakhir dari kemampuanberpikir tinggi, dan meliputi kemampuan membuat pertimbangan ataupenilaian untuk membuat keputusan atas dasar internal (keajegan, logika,ketepatan) atau eksternal (dibandingkan karya, teori atau prinsip dalambidang tertentu). Kegiatan penilaian dapat dilihat dari segi tujuan,gagasannya, cara bekerjanya, cara pemecahannya, metodenya, materinya,atau lainnya. Patokan ini dapat diberikan oleh guru atau ditentukan sendiri oleh siswa.Dalam jenjang kemampuan ini seseorang dituntut untuk dapat mengevaluasi situasi, keadaan, pernyataan, atau konsep berdasarkan suatu Kriteria tertentu. Yang penting dalam evaluasi ialah menciptakan kondisinya sedemikian rupa sehingga siswa mampu mengembangkan kriteria, standar, atau ukuran untuk mengevaluasi sesuatu. Kriteria untuk mengevaluasi itu dapat bersifat intern dan dapat pula bersifat ekstern.Kriteria intern ialah yang berasal dari situasi atau keadaan yang di evaluasi itu sendiri, sedangkan kriteria ekstern adalah yang berasal dari luar situasi atau keadaan yang dinilai itu. Kata kerja operasional untuk merumuskan TIK-nya adalah: menafsirkan, menduga, mempertimbangkan,mengevaluasi,menentukan,membandingkan,membakukan,membenarkan, mengkritik, dan sebagainya.

1 komentar:

Jadi kesimpulannya apa bos

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More